Macam-Macam Objek 3D

Objek BOX ,Objek Cone & Objek Cylinder

Sebelum membuat desain 3D, anda dapat mengganti workspace atau area kerja dengan menampilka ribbon panel yang berhubungan dengan desain 3D, dengan cara berikut ini:

  1.  Arahkan kursor pada status bar dan klik ikon Workspace Switching.
  2.  Pada shortcut menu yang muncul pilih workspace 3D Modeling.
  3.  Selanjutnya area kerja anda akan berubah dengan menampilkan ribbon panel 3D.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhS_ecO7LmWK98XyegOHXGx5QgriwrCyH7klTax3XkpGxRt2E5vApESIIBuGIK3SkqEjRXeTIg2CtZFgb_7FZo9wZnqBIsNsdKzKAKvLYDdP-WN0K_X_Bn3qLaIDTIOcv-rK18TjyXbLsQ/s1600/workspace.jpg


Objek Box

Objek Box merupakan pemodelan 3D yang terbentuk dengan menentukan ukuran panjang, lebar dan tinggi serta terdiri dari dua objek dengan bentuk kubus atau balok.

Untuk memahami pembuatan objek box anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home panel Modeling pilih Box https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhk6ewKVY5w93w_Oq1Hw34gKaq5l4uG5XNsLWry1WGjbjSpoNL_EhbmHlZt4wQk8AX_yEeehb_joCgrKtKL7wNeuJdn7SGPhwisXOU9Fv10x6802pm0V70CXYc4BxI4e0aamHhjVzuRd5s/s1600/box.jpg
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify first corner or [center]: Klik pada area gambar untuk menentukan base point dari sudut objek box


Specify other corner or [cube/length]: L 8 Ketik L lalu tekan Enter


Specify length <10.00>: 10  Tentukan panjang objek box

Specify width <12.00>: 12 Tentukan lebar objek box


Specify height or [2Point] <10.00>: 10 Tentukan tinggi objek box

  3.  Pada Ribbon pilih tab View panel Views klik menu drop-down 3D Navigasi dan pilih ikon SW Isometric https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9yXLuW1FbCD6IVvIkbM3BS94ubImJpmhyhJCNn3QKoxDISNUHTCQFpo0o9CeuX5lTAkfxairyMBHGtaPE2fGzYqhyphenhyphen1vj32Wxn4aPtFvTvtOHo31CPvxltzlxJJ6If-ijBGZClpNyFVkg/s1600/sw+isometrik.jpg
Beginilah kira-kira hasilnya :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgrBmzm5nVBlBOENYAaE3po_hAltfeAu0KaFOr8mYtGEw1zXDUPCB6dOLWjJJ5jZ8kO7CoTtE3BpAhvzImP6IYS8cM-ArSWwGaE0iu-1y2g1NsxalEwmu71sYhcWyQZfxPE6nuxs4Em9YI/s1600/hasil.jpg


Objek Cone

Objek Cone merupakan pemodelan 3D bentuk kerucut dengan menentukan bidang dasar dan tinggi objek serta terdiri dari kerucut dengan bidang dasar lingkaran atau ellips.

Untuk pembuatan objek cone anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home penel Modeling pilih Cone https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiyk8UyTH9e2mfAL0y_2TfiyMtOc4wIGIJb8uNSO2l2dASNmDAeIxHAfGbuTfBuw4vdCJwrKTNfk9Kb53UpGr2c8zXouwp5DXFP1mYdg_pdgDSy_5HJmOtKQ085BfQwipS5F7kU9Gwz6ok/s1600/cone.jpg
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify first center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat bidang dasar kerucut


Specify base radius or [Diameter]: 3 8 Tentukan radius lingkaran


Specify height or [2Point/Axis endpoint/Top radius] <15.00>: 10  Tentukan tinggi objek

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgYgE-C5IzXk9yeutip7O9Gj24zF9orZ8w7pXQOZu8A_FcS8GvzFyEknrNhsSQqwx-P-IifPXndqqGlW5S4necTuGJ5L80Z8QqTbv9ntgTyOPaX3pyG4MZ6do4R0nlx9_CVa9WrGLnBJ8c/s1600/cone2.jpg

Objek Cylinder

Objek Cylinder merupakan pemodelan 3D yang berbentuk silinder dengan menentukan bidang dasar lingkaran atau elips dan tinggi objek.

Untuk pembuatan objek cylinder dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
  1.  Pada Ribbon pilih tab Home panel Modeling pilih Cylinder https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi9XkQO79W-NnASzxKYEYPYyB4UHhf-E0OemxS7erR76I9cUbPcLAKAx-EQLsR_f5KFzNSgU-21Hur_9fdwPOVeiGqOBilsgHXxiRetGMZPV8Er35D8ghDhsijP1yA2dOkHj1VF9vHmKeI/s1600/cylinder.jpg
  2.  Perhatikan petunjuk perintah pada baris Command Line.

Specify center point of base or [3P/2P/Ttr]: Klik pada area gambar untuk menentukan titik pusat cylinder


Specify base radius or [Diameter]<5.00>: 10 8 Tentukan radius


Specify height or [2Point/Axis endpoint]<20.00>: 10 Tinggi objek

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjwAjJ4ZktIe-3le0MfGmrbONcEWbvt2ref_P07QCZTZX3RLajw6S4jimRNoUlpVKF5KZdEqHcfHnA5Id8KTUUGBblaa2gb3K3wOr_zrN3_DXppxygjgKeIKVYDI2eX_O4ri_fFZR9QNlQ/s1600/cylinder2.jpg

Sumber : http://arsitektur-ku.blogspot.com/2012/03/menggambar-objek-solid.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar